Tuesday, November 12, 2019

thumbnail

Mengungkap Fakta dan Misteri Hilangnya MH370 Di Samudera Hindia

Sudah lebih dari 5 tahun berlalu dan misteri hilangnya MH370 masih belum terpecahkan. Padahal, jatuhnya pesawat MH370 merupakan salah satu kejadian yang paling mengemparkan dunia penerbangan di seluruh dunia.

Misteri HIlangnya MH370


Di tahun 2014, tepatnya pada tanggal 8 Maret 2014, pesawat Boeing 777-200ER dilaporkan hilang di sekitar perairan Hindia. Pesawat yang dioperasikan oleh maskapai Malaysian Airlines ini diisukan mengalami pembajakan dari dalam kapal.

Pilot, copilot dan lebih dari 200 orang penumpang dan awak kapal masih dinyatakan hilang hingga saat ini.

Tetapi, apa penyebab hilangnya pesawat MH370? Apakah benar kejadian ini masih ada hubungannya dengan konspirasi yahudi dan elit global? Kita akan membahasnya dalam artikel tentang pesawat MH370 berikut ini.

Kronologi Hilangnya MH370


Pada tanggal 8 Maret 2014, pesawat Boeing 777 terbang dari Bandara International Kuala Lumpur, Malaysia menuju Bandara International Ibukota Beijing, China. Kapten Zaharie Ahmad Shah dan Fariq Abdul Hamid bertugas sebagai pilot dan copilot dalam penerbangan ini.

Total ada 12 awak kabin dan 227 penumpang dari berbagai negara termasuk 7 orang dari Indonesia.

Pada jam 00:41, pesawat MH30 lepas landas dengan semua kondisi pesawat berstatus normal. Baik sang pilot maupun petugas Air Traffic Controls bisa berkomunikasi dengan baik.

Pada jam 01:19, pesawat memasuki wilayah Vietnam. Sang pilot masih bisa berkomunikasi dengan militer udara Vietnam untuk melaporkan bahwa pesawat MH370 akan melintasi kawasan udaranya.

Namun pada saat itu, sang pilot menjawab komunikasi dengan tidak lengkap dan terkesan kaku.

Hingga 2 menit kemudian, tepatnya pada jam 01:21, alat pendeteksi lokasi radar MH370 hilang. Sehingga pesawat ini tidak bisa terlihat dalam radar udara Malaysia Airlines.

Kemudian pada jam 01:28, sinyal radar Malaysia Airlines MH370 ditemukan kembali. Namun bukan berada di kawasan udara Vietnam, mh370 ditemukan di Thailand yang mana berbanding terbalik dengan rute yang seharusnya dilewati oleh kapal.

Pada jam 01:30, radar pengawas udara milik pemerintah Malaysia hilang kontak dengan pesawat. Kejadian ini berlangsung hingga kurang lebih 1 jam.

Dan pada jam 02:15, akhirnya ditemukan juga pesawat Malaysia MH370 yang selama ini hilang melalui radar. Tetapi bukan di rute yang seharusnya, sinyal radar justru mendeteksi keberadaan pesawat melintasi Pulau Perak, Selat Malaka.

Sedangkan dari kawasan udara Vietnam ke Pulau Perak berjarak ratusan kilometer jauhnya. Dan ini sangat bertolak belakang dari rute yang seharusnya dilewati.

Pada jam 2:40, Pesawat MH370 hilang total dari radar. Dan 1 jam kemudian, Malaysia Airlines mengeluarkan kode merah yang artinya keadaan darurat.

Di pagi hari, tepatnya jam 07:24, Malaysia Airlines mengumumkan hilangnya pesawat MH370 di media masa dan media social secara resmi.

Bila hanya dari catatan kronologinya, memang sulit untuk memutuskan apa jawaban dari misteri MH370. Mengingat tidak ada keterangan jelas apakah pesawat mengalami pembajakan, kecelakaan, atau kerusakan dari dalam kabin.

Tercatat Malaysia Airlines MH370 juga ditemukan melenceng dari jalur sebanyak 2 kali. Di kawasan udara Thailand dan di Selat Malaka. Dan belum ada jawaban mengapa sang pilot melewati jalur ini.
Fakta Hilangnya Pesawat MH370

Fakta Hilangnya MH370


Hingga saat ini, masih ada banyak fakta penting yang diketahui oleh publik mengenai misteri hilangnya Mh370. Dan kebanyakan fakta yang ada mengacu pada kesimpulan bahwa pesawat MH370 dibajak dari dalam.

Nah, berikut ini adalah beberapa fakta hilangnya pesawat MH370 yang perlu kalian semua ketahui.

Pencarian Oleh 3 Negara Belum Membuahkan Hasil Signifikan


Kasus hilangnya pesawat MH370 merupakan sebuah kejadian paling menggemparkan di dunia aviasi alias penerbangan seluruh dunia. Kejadian ini melibatkan 3 negara besar yaitu Malaysia, Australia dan China.

Sebab hampir seluruh penumpan dalam pesawat tersebut berwarga negaraan Tiongkok. Dan diperkirakan, bangkai pesawat berada di kawasan perairan Australia.

Sehingga kedua negara tersebut ikut turun tangan dalam memecahkan misteri hilangnya MH370.

Namun hingga tahun 2017, belum ada jawaban yang jelas dari hasil 3 tahun pencarian. Dan berdasarkan kesepakatan 3 negara, pencarian hilangnya pesawat MH370 ditangguhkan pada tanggal 17 Januari 2017.

Salah satu penyebabnya adalah pembiayaan yang sangat besar. Tercatat sudah lebih dari $200 juta dikeluarkan ketiga negara ini untuk membiayai pencarian di tengah samudera Hindia.

Pencarian kemudian dilanjutkan oleh perusahaan swasta bernama Ocean Infinity. Namun berita MH370 terbaru yang dibawa oleh Ocean Infinity, masih belum menjelaskan mengenai keberadaan atau penyebab hilangnya pesawat MH370 ini.

Pilot Dicurigai Membawa Pesawat Keluar Rute Secara “Sadar”


Hampir semua hasil investigasi menunjukan bahwa kaptenZaharie Ahmad Shah membawa pesawat MH370 keluar dari rute secara sadar. Tetapi, tidak diketahui apa motif dan alasan sang kapten hingga memutuskan hal ini.

Teori pertama yang masuk akal adalah karena adanya kerusakan di bagian kabin pesawat yang menyebabkan sambungan komunikasi terputus dan pesawat berputar balik dari rute di kawasan udara Vietnam. Bisa saja, sang kapten berputar balik karena ingin mencari landasan terdekat untuk emergency landing.

Tetapi, pesawat justru melaju terus bahkan setelah melewati landasan terdekat. Pesawat MH370 bahkan terus terbang ke melewati selat malaka selama beberapa jam.

Teori kedua adalah karena pesawat dibajak oleh penumpang di dalam pesawat. Memang hasil investigasi mengatakan bahwa ada 2 penumpang yang mencurigakan di dalam penerbangan ini.

Ketika Kapten Zaharie menjawab pertanyaan militer Vietnam secara tidak lengkap dan kaku, bisa jadi pada saat itu terjadi pembajakan di dalam pesawat. Meskipun hal ini masih sebatas teori yang belum bisa dijelaskan.

Teori ketiga adalah karena kapten Zahari membawa pesawat keluar rute benar – benar secara sengaja dan dalam keadaan sadar. Teori ini diperkuat dengan adanya bukti rute penerbangan di Flight Simulator milik sang kapten.

Rute penerbangan dalam Flight Simulator tersebut bisa dibilang sangat mirip dengan rute penerbangan pesawat MH370 ketika hilang yaitu mengarah ke Samudera Hindia. Namun, belum diketahui apa alasan sang kapten membuat simulasi pilot dengan rute ini.

Bila dicurigai karena sang kapten ingin bunuh diri, tidak ada kejanggalan dari kehidupan sehari – harinya yang menunjukan tanda depresi atau semacamnya. Kapten Zaharie juga tidak punya riwayat masalah kesehatan dan masalah keuangan.

Pesawat MH370 “Pernah” Ditemukan


Misteri hilangnya MH370 memang belum terjawab hingga saat ini. Namun, beberapa bagian dari kapal ada yang sudah ditemukan. Namun anehnya, bagian – bagian ini tersebar di banyak tempat yang berjauhan.

Ada setidaknya 18 bagian pesawat yang tersebar dibanyak tempat termasuk konon ditemukan di Kalimantan. Namun dari 18 bagian, hanya ada 2 yang bisa dikonfirmasi dan sisanya mendapatkan status “Kemungkinan Besar”.

Selain itu ada juga badan pesawat yang dicurigai sebagai jawaban dari misteri hilangnya MH370 di Arizona. Namun belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai temuan ini.

Hingga saat ini, misteri hilangnya MH370 memang belum terungkap secara terang – terangan. Nasib MH370 beserta pada penumpang yang ada di dalamnya akan terus menjadi misteri selama hingga ada orang yang berani mengungkapkannya baik dari pemerintahan, perorangan, maupun swasta.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments