Monday, January 27, 2020

thumbnail

Sejarah Perang Dunia Pertama : Latar Belakang, Penyebab Perang Dunia, dan Negara Yang Terlibat

Viralnya berita tentang perang dunia ketiga, membuat kita mengingat kembali kejamnya sejarah perang dunia pertama. Sebab pada perang tersebut pula terjadi banyak kejadian yang sangat menyedihkan, salah satunya adalah pembantaian dan penghapusan etnis atau yang biasa dikenal dengan Genosida ( Genocide)

Sejarah Perang Dunia Pertama


Jalannya perang selama kurang lebih 5 tahun, menyisakan dampak berupa kepedihan, kesengsaraan dan kesedihan dari para korban dan tentara yang memperjuangkan ideologinya masing – masing. Berdasarkan sejarah, akhir perang dunia pertama ditetapkan pada tanggal 11 November 1918 dan mulainya pada 28 Juli 1914.

Tetapi, mengapa bisa terjadi perang dunia I yang melibatkan banyak negara dan tokoh di dunia?  Dalam artikel kali ini, kita akan membahas apa latar belakang dan penyebab perang dunia I, serta negara yang terlibat di dalamnya.

Latar Belakang Perang Dunia Pertama


Sebelum desas desus perang dunia I dimulai, hubungan beberapa negara adidaya sudah mulai memanas dan saling bersitegang. Salah satu yang menjadi pemicunya adalah pada November 1912, ketika Rusia (USSR) menyatakan rekostruksi militer besar – besaran setelah dipermalukan karena tidak mampu mendukung Serbia pada Perang Balkan di tahun 1908 dan selama Krisis Bosnia.

Mendengar kabar ini, menteri luar negeri jerman, Gottlieb Von Jagrow, mengatakan pada salah satu tokoh sekaligus parlemen Jerman, Reichstag, bahwa bila Austria dipaksa utnuk memperjuangkan posisinya sebagai negara adidaya dengan alasan apapun, maka kita (Jerman) harus mendampinginya.

Hal ini juga diikuti dengan peringatan dari beberapa tokoh seperti Sir Edward Grey (menteri luar negeri Inggris), R B Haldane, dan Lord Chancellor kepada Duta Besar Jerman di London yang mengatakan jika Jerman menyatakan perang pada Prancis, maka Inggris akan mengintervensi dengan berada di pihak Prancis.

Kaiser Wilhelm II
Kaiser Wilhelm II


Dari pernyataan ekspansi militer Rusia dan peringatan secara terang – terangan dari Inggris, membuat Depan Perang Kerajaan Jerman membuat konfrensi tentang kemungkinan terjadinya perang. Kemudian dibuatlah pertemuan informal oleh Kaiser Wilhelm II yang mengundang Alfred Von Tirpitz serta beberapa pemimpin pasukan Angkatan Darat dan Laut. Secara tidak langsung, hal ini memberi tanda seberapa pentingnya pertemuan yang membahas tentang hubungan antar negara adidaya ini.

Kaiser Wilhelm II yang saat itu menjabat sebagai pemimpin Kerajaan Jerman, menanggap peringatan dari Inggris sebagai sebuah kebodohan. Ia berpendapat bahwa bila Rusia mendukung Serbia, maka perang akan dihindari untuk mereka juga.

Wilhelm II dan pimpinan angkatan darat yang lain juga setuju bila perang benar – benar diperlukan, maka sebaiknya hal ini dilancarkan segera. Sebelum Rusia makin kuat dengan modernisasi militernya.

Namun Laksamana Tripitz, pemimpin Angkatan Laut Jerman, meminta perang ditunda satu setengah tahun. Sebab angkatan laut Jerman tidak siap untuk perang besar, apalagi bila harus menghadapi Inggris. Dan Kaiser Wilhelm II menerima penundaan ini meskipun beberapa pemimpin militer lain tidak setuju.

Memang jika dilihat dari kekuatan miter Jerman jauh lebih di bawah Inggris, Rusia dan Prancis. Kondisi ini sudah terlihat sejak tahun 1911 ketika jerman tidak bisa memenangkan perlombaan senjata engan ketika negara tersebut. Dan menyatakan perang tanpa piker panjang hanya akan membawa Jerman kepada kebangkrutan dan kesengsaraan pada rakyatnya.

Sehingga, Kaiser Wilhelm II memutuskan untuk mengundur perang hingga angkatan laut selesai melakukan pelebaran Terusan Kiel da pembangunan teknologi U – Boat di Hellgoland.

Penyebab Perang Dunia Pertama


Di balik ketegangan hubungan antara beberapa negara besar, ada pula sebab umum paling utama yang memicu perang. Bisa dibilang, meletusnya perang dunia I disebabkan oleh terbunuhnya putra mahkota Austria – Hongaria yang bernama Franz Ferdinand von Habsburg.

Archduke Franz Ferdinand
Archduke Franz Ferdinand & Sophie Adipati Hohenberg


Franz Ferdinand von Habsburg atau Archduke Franz Ferdinand ini adalah pewaris tahta kerajaan Austria. Sebenarnya tahta Carl Ludwig, ayah dari Franz Ferdinand, diturunkan kepada Rudolf Franz Karl Joseph yang merupakan sepupu dari Franz Ferdinand. Sebab Franz Ferdinand menikah dengan Sophie Cothek alias Sophie Adipati Hohenberg yang memiliki derajat lebih rendah dari keluarga kerajaan.

Namun Rudolf meninggal karena bunuh diri sebelum tahtanya diberikan. Diduga Pangeran Rudolf bunuh diri karena affair yang ia jalani dengan Vetsera.

Franz Ferdinand dibunuh bersama istrinya, Sophie, oleh salah satu anggota kelompok nasionalis Serbia bernama Gavrillo Princip. Yang makin menyulut kemarahan warga Austria adalah karena Franz Ferdinand dibunuh tidak lama setelah ayahnya, Carl Ludwig meninggal.

Mengapa terbunuhnya pangeran Franz Ferdinand dapat memicu perang dunia I? Sebab Franz Ferdinand meninggal di tangan seorang warga Serbia. Yang mana pada saat itu, Sebia dan Rusia tengah mengalami konflik berkepanjangan dengan Austria di Perang Balkan.

Franz Ferdinand meninggal pada tanggal 28 Juni 1914. Dan tidak lama setelah itu, tepatnya pada tanggal 28 July 1914, Austria menyatakan perang dengan Serbia yang juga menjadi mulainya perang dunia pertama.

Negara – Negara Yang Terlibat Dalam Perang dunia I


Secara garis besar, negara yang terlibat dalam perang dunia I dapat dibagi menjadi 2 kubu. Yaitu kubu Negara Sekutu alias Allied Powers dan kubu Negara Central alias Central Powers.

Kubu Allied Powers dipimpin oleh 6 negara adidaya, yaitu :
- Jepang
- Perancis
- Rusia
- British (Inggris)
- Amerika Serikat
- Italy

Selain itu, ada beberapa negara lain yang bergabung dengan kubu Sekutu namun tidak dalam waktu yang bersamaan. Contohnya Serbia, Belgia dan Montenegro yang bergabung dari tahun 1914. Nejd and Hasa yang bergabung pada tahun 1915. Portugal dan Romania yang tergabung dari tahun 1916. Helaz, Greece, China, Slam (Thailand), Brazil dan Armenia yang bergabung dari tahun 1917.

Sedangkan kubu Central Powers pertama kali didirikan oleh 4 negara adidaya yang disebut dengan nama Quadruple Alliance. Ke empat negara ini terdiri dari :
- Jerman
- Austria – Hongaria
- Kerajaan Ottoman (Turki)
- Bulgaria

Terdapat pula beberapa negara pendukung dari kerajaan Jerman seperti Belarus, Ukraina, Polandia, Courland and Semigallia, Caucasus Bagian Utara, Crimean Regional Government, Don Republic, Lithuania, Finlandia, Georgia dan Cuba.

Setidaknya ada lebih dari 67 juta tentara yang berperang dari negara yang terlibat perang dunia. 42 juta tentara dari sekutu dan 25 juta sisanya dari Central Powers.

Dampak perang dunia pertama yang paling dirasakan adalah meninggalnya lebih dari 10 juta tentara dan lebi dari 7 juta warga sipil. Selain itu, perang dunia I juga membuat sekitar 20 juta tentara terluka baik parah maupun ringan.

Dalam pembukuan sejarah, tercatat perang dunia I dimenangkan oleh kubu Negara Bersekutu alias Allied. Hal ini ditandai dengan keruntuhan hampir semua kerajaan dari kubu Central Power.

Perang dunia pertama dinyatakan berakhir pada tanggal 11 November 1918 melalui perjanjian Versatile pada tanggal 28 Juni 1919. Perjanjian ini juga ditandatangani oleh Jerman sebagai perwakilan Blok Central dan Amerika Serikat, British, Prancis, Italia serta Jepang sebagai Blok Sekutu.

Tags :

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments